Selasa, 02 Oktober 2007

LOWONGAN DEPARTEMEN KEHUTANAN 2007

LOWONGAN DEPARTEMEN KEHUTANAN

P E N G U M U M A N
NOMOR : PG.6/PEG-1/2007
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2007
Departemen Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan SMK
Kehutanan/SKMA/Forest Ranger, Diploma III/Sarjana Muda, Sarjana (S1)
dan Master (S2) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional
serta tenaga teknis lainnya dengan kualifikasi sebagai berikut :

I. PERSYARATAN UMUM

1. Kualifikasi Pendidikan
a). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan / Sekolah Kehutanan
Menengah Atas (SKMA) ikatan dinas Departemen Kehutanan / Forest
Ranger Departemen Kehutanan = 62 orang

b). Diploma III (DIII) sebanyak 101 orang dengan rincian :
- Diploma III (DIII) Kehutanan = 64 orang
- Diploma III (DIII) Ekonomi Akuntansi = 19 orang
- Diploma III (DIII) Ekonomi Keuangan = 2 orang
- Diploma III (DIII) Komputer / Informatika = 16 orang

c). Sarjana (S1) sebanyak 389 orang dengan rincian :
- Sarjana (S1) Kehutanan = 307 orang
- Sarjana (S1) Ekonomi Akuntansi = 19 orang
- Sarjana (S1) Ekonomi Manajemen = 2 orang
- Sarjana (S1) Geografi Fisik (GIS) = 16 orang
- Sarjana (S1) Geografi Kartografi/Penginderaan Jauh =2 orang
- Sarjana (S1) Kedokteran Hewan = 2 orang
- Sarjana (S1) Budidaya Pertanian = 3 orang
- Sarjana (S1) Ilmu Hama dan Penyakit Pertanian = 1 orang
- Sarjana (S1) Sosial Ekonomi Pertanian = 1 orang
- Sarjana (S1) Sosiologi = 5 orang
- Sarjana (S1) Hukum = 7 orang
- Sarjana (S1) Manajemen Sumber Daya Perairan (Perikanan) = 1 orang
- Sarjana (S1) Statistik = 2 orang
- Sarjana (S1) Administrasi Negara / Publik = 2 orang
- Sarjana (S1) Teknik Geodesi = 1 orang
- Sarjana (S1) Biologi = 6 orang
- Sarjana (S1) Komputer / Informatika = 5 orang
- Sarjana (S1) Perpustakaan = 6 orang
- Sarjana (S1) Bahasa Inggris = 1 orang

d). Master (S2) sebanyak 3 orang dengan rincian :
- Master (S2) Ilmu Kehutanan = 1 orang
- Dokter Umum = 2 orang

2. Umur
a). Umur minimal 18 tahun (lahir tanggal 1 Oktober 1989 atau
sebelumnya).
b). Untuk SMK Kehutanan berusia maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1
Oktober 1982 atau sesudahnya).
c). Untuk SKMA ikatan dinas Departemen Kehutanan dan Forest Ranger
Departemen Kehutanan :
- Berusia maksimal 35 tahun (lahir tanggal 1 Oktober 1972 atau
sesudahnya).
- Berusia maksimal 40 tahun (lahir tanggal 1 Oktober 1967 atau
sesudahnya) dengan ketentuan pernah bekerja pada instansi yang bergerak pada
sektor kehutanan (Perhutani,Inhutani, HPH,
Asosiasi Pengusaha Hutan) paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April
2002 (mulai bekerja 17 April 1998 atau sebelumnya) dengan menunjukkan
Surat Keputusan Kerja yang diterbitkan setiap tahun dari instansi yang
bersangkutan.
d). Khusus untuk Calon Polisi Kehutanan persyaratan yang harus dipenuhi
:
- Berusia maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1 Oktober 1982 atau
sesudahnya).
- Tinggi minimal 155 cm (putri) dan 160 cm (putra).
- Kualifikasi pendidikan : SMK Kehutanan / SKMA / Forest Ranger.
e). Untuk Diploma III (DIII) / Sarjana Muda berusia maksimal 28 tahun
(lahir tanggal 1 Oktober 1979 atau sesudahnya).
f). Untuk Sarjana (S1) berusia maksimal 30 tahun (lahir tanggal 1
Oktober 1977 atau sesudahnya).
g). Untuk Master (S2) berusia maksimal 32 tahun (lahir tanggal 1
Oktober 1975 atau sesudahnya).
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
a). Untuk Diploma III/Sarjana Muda minimal 2,50 skala 4.
b). Untuk Sarjana (S1) minimal 2,75 skala 4.
c). Untuk Master (S2) minimal 3,50 skala 4.
II. PENDAFTARAN DAN PENYAMPAIAN BERKAS
1. Berkas Lamaran
a). Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta warna hitam di
atas kertas folio bergaris dengan huruf latin dengan mencantumkan biodata
antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status (nikah /
belum nikah / janda / duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan
no.telepon/HP dan ditujukan kepada Menteri Kehutanan cq. Kepala Biro
Kepegawaian.
b). Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- sanggup ditempatkan di
seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c). Lampiran-lampiran yang disertakan dalam surat lamaran yaitu :
- Fotocopy ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir oleh
pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar (Surat Keterangan Lulus tidak
berlaku).
- Fotocopy Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja yang
dilegalisir sebanyak 2 lembar.
- Pasfoto terbaru hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar.
- Bagi yang mempunyai pengalaman kerja dapat menyertakan surat
pengalaman bekerja berupa Surat Keputusan Kerja yang dikeluarkan oleh
lembaga/instansi yang bersangkutan.
2. Waktu dan Tempat Pendaftaran
a). Pendaftaran, penyampaian berkas lamaran dan seleksi administrasi
dilaksanakan pada tanggal 30, 31 Oktober dan 1 November 2007.
b). Pelamar datang langsung ke tempat pendaftaran di ibukota provinsi
(Kantor Koordinator Unit Pelaksana Teknis Departemen Kehutanan
Provinsi).
c). Tempat pendaftaran, penyampaian berkas lamaran dan seleksi
administrasi CPNS :
- Kantor Pusat Departemen Kehutanan Jakarta untuk peserta yang
berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Provinsi
Banten.
- Kantor Koordinator Unit Pelaksana Teknis Dephut Provinsi di seluruh
Indonesia.
d). Berkas lamaran dimasukkan ke dalam map berwarna :
- Merah untuk SMK Kehutanan/SKMA/Forest Ranger,
- Hijau untuk Diploma III (DIII),
- Biru untuk Sarjana (S1),
- Kuning untuk Master (S2).
Pada bagian depan map ditulis BERKAS PELAMAR CPNS DEPHUT FORMASI TAHUN
2007.

III. UJIAN SELEKSI
1. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib
mengikuti tes tertulis yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia
(Pusat/Daerah) pada hari Sabtu tanggal 3 November
2007.
2. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 30 Tahun
2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS,
materi ujian meliputi :
• Tes Kompetensi Dasar (TKD); dimaksudkan untuk menggali pengetahuan,
keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian, yang meliputi :
- Tes Pengetahuan Umum / TPU (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial
Budaya,Hankam dan Hukum);
- Tes Bakat Skolastik / TBS (Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif,
dan Kemampuan Penalaran); klik http://www.gpsjakarta.com
- Tes Skala Kematangan / TSK (Kemampuan Beradaptasi, Pengendalian Diri,
Semangat Berprestasi, Integritas dan Inisiatif).
• Tes Kompetensi Bidang (TKB); dimaksudkan untuk mengukur kemampuan
dan atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi
jabatan.
• Khusus untuk pelamar dari kualifikasi pendidikan SMK Kehutanan/
SKMA/ Forest Ranger yang dinyatakan lulus tes tertulis akan dipanggil
untuk mengikuti tes fisik dan kesehatan.
3. Pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus direncanakan tanggal 3
Desember 2007.

IV. LAIN-LAIN
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta.
2. Pada saat pendaftaran dan ujian seleksi diwajibkan membawa pensil 2B
asli, penghapus, rautan, alas tulis dan alat tulis lainnya.
3. Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.
4. Bagi yang dinyatakan lulus final harus menyertakan hasil tes bebas
narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.
5. Setelah diangkat CPNS tidak boleh minta pindah selama 5 (lima)
tahun.
6. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi tetapi
mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan
Panitia sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).
7. Keterangan lain-lain dapat dilihat pada website Departemen Kehutanan
yaitu www.dephut.go.id.
.
Jakarta, 26 September 2007
Kepala Biro Kepegawaian selaku Ketua Panitia Pengadaan
CPNS Dephut Formasi 2007
Ir. Mudjihanto Soemarmo, MM
NIP 080056855

CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional 2007

PENGUMUMAN
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BATAN 2007
NOMOR : 12347/KP 00 02/IX/2007

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tahun anggaran 2007, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita, dengan kualifikasi Pendidikan, Jabatan dan Lokasi Penempatan yang dapat dilihat pada situs ini.

I. PERSYARATAN UMUM

Warga Negara Republik Indonesia, berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara (kurungan), Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota parpol, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai Pegawai Swasta, sehat jasmani dan rohani, Tidak berstatus sebagai CPNS/PNS, dan Tidak Buta Warna.

II. PERSYARATAN KHUSUS

  1. IPK minimal 2,75 untuk Dokter/S1/DIV dan DIII
  2. Usia:
    1. Dokter : Maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2007
    2. S1 dan DIV : Maksimal 27 tahun pada tanggal 1 Desember 2007
    3. DIII : Maksimal 25 tahun pada tanggal 1 Desember 2007
  3. Berasal dari Perguruan Tinggi dengan Akreditasi minimal B

III. TATA CARA PELAMARAN DAN PERSYARATAN ADMINISTRASI

  1. Pendaftaran pelamar dibuka mulai tanggal 28 September s/d 18 Oktober 2007 dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran On-Line melalui Situs BATAN : http://www.batan.go.id/
  2. Mengirimkan surat lamaran yang harus ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri paling lambat tanggal 19 Oktober 2007 (Cap Penerimaan Surat Kantor BATAN pada jam kerja) via Pos Kilat Khusus atau diantar dengan mencantumkan “lamaran dan kode jabatan” yang dipilih pada pojok kiri atas amplop lamaran, ditujukan kepada :

  3. Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional
    Kantor Pusat Badan Tenaga Nuklir Nasional,
    Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan,
    Jakarta 12710,
    Kotak Pos 4390 Jakarta 12043
    Telepon : (021) 5251109, Pes. 383, 366, 384


  4. Berkas yang harus dilampirkan dalam dokumen lamaran adalah:
    1. Hasil cetakan (print-out) Formulir Pendaftaran On-Line yang telah ditandatangani.
    2. Daftar Riwayat Hidup;
    3. Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
    4. Pas photo berwarna ukuran 3 X 4 cm sebanyak 2 lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar;
    5. Foto copy KTP.
  5. Panitia berhak menggugurkan peserta apabila data yang diisikan di situs BATAN tidak sama atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan serta tidak mengirimkan berkas lamaran sesuai yang ditentukan.
  6. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi tahap akhir, namun formasi jabatan yang dipilih sudah penuh dapat dipindahkan ke formasi jabatan yang masih tersedia dengan kualifikasi jabatan yang setara dan syarat pendidikan yang sama.
  7. Rincian tugas untuk masing-masing jabatan yang dibutuhkan dapat dilihat di situs ini.
  8. Pelamar tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak/oknum yang menjanjikan dapat membantu untuk diterima menjadi calon PNS BATAN dengan atau tanpa meminta imbalan dalam bentuk apapun, agar segera menghubungi BATAN melalui pesawat telepon (021) 5204245 dan (021) 5251109, Pes. 383, 366, 384 atau email ke bsdm@batan.go.id.

IV. MATERI, JADWAL TEST DAN LAIN-LAIN

  1. Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan diumumkan melalui situs BATAN dan sekaligus mendapatkan nomor ujian pada tanggal 23 Oktober 2007
  2. Pelamar yang lolos seleksi Administrasi wajib datang ke Kantor Pusat BATAN untuk mengisi Lembar Isian Biodata mulai tanggal 23 s/d 29 Oktober 2007 (hari kerja) dan mengambil Tanda Peserta Ujian CPNS BATAN 2007 dengan membawa Ijazah asli, Transkrip, KTP, pensil 2B dan alat tulis lainnya .
  3. Materi Ujian tertulis adalah Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Substantif (Pendidikan).
  4. Tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2007 (tentative) bersamaan dengan pelaksanan tes tertulis seluruh LPND di lingkungan Ristek.
  5. Pelamar yang dinyatakan lulus dalam tes tertulis akan diikutsertakan dalam tes/seleksi tahap berikutnya.