Senin, 01 Januari 2007

Googling

Masih ingat kata gue klo internet tu bisa mencari semua informasi yang kita butuhkan ? nah salah satunya dengan mesin pencari / bahasa londone search engine yang bernama Google yang paling gue suka. Selain bisa mencari ribuan situs juga bisa mencari file lho seperti File word, excel, acrobat, midi, mp3, 3gp (HP) de el el. Google kan menyediakan trik yang ga semua orang tahu caranya. Jadi ni misal gue pengen cari file 3gp nya Mr. XXX (he... mesti pikirannya yang ngga'-ngga') tapi mang bener sih. Apalagi adengan dari HP lagi marak. He....
maka gue bakal tulis keyword "Mr. XXX filetype:3gp". Nah Paman Google ni bakal cari langsung ke file yang berextensi ".3gp" dari Mr. XXX tersebut dan bukan lagi situsnya. So lebih spesifik mbok ?? (mbok !!). Dari pada bukain ribuan situs yang dihasilkan Google satu-satu klo menggunakan keyword biasa. Gue kasih tahu ya syntax yang disediakan Google.

Intitle :
perintah yang membantu kita untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud.

Inurl :
perintah yang membantu kita untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan.

Intext :
perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan URL dan judul halaman.

Site :
perintah yang membantu kita untuk membatasi pencarian suatu informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu.

Filetype :
perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu.

sebetulnya masih banyak syntax yang lain, tapi yang sering gue pake ya yang di atas ntu. klo pengen tahu buka ja http://www.googleguide.com/advanced_operators.html tapi bahasane londo (ngarti kaga lo ? gue ja puyeng) he.... tapi gue yakin lo pade ga sebodoh gue. Gue kan Pungguk yang merindukan Bulan (Lho.. deneng ra nyambung sih..)

Oh ya.. trik-trik itu bisa di kombinasikan lho. Misal :
“filetype:doc site:ac.id wisuda” ( tanpa tanda kutip ).
Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” (word file) pada semua domain .ac.id yang berisi informasi “wisuda”.
Jadi klo lho cari tugas lewat internet bisa lebih mudah mbok ? karena bantuan paman Google. Promosi kiye tapi ra dibayar nang Google.

Tidak ada komentar: