Rabu, 03 Januari 2007

Mailing

Salah satu kegunaan internet yang lain adalah kita dapat mengirimkan surat tanpa harus menempelkan prangko. Bahkan kecepatannya melebihi surat kilat karena saat tombol kirim ditekan oleh "pelaku" maka saat itu pula pesan diterima oleh "target" (kaya di reality show aja ya..). Itu yang disebut surat elektronik / bahasa londone Elektronic Mail & biasanya disingkat dengan E-Mail. E-mail yang bagus biasanya memiliki beberapa fasilitas diantaranya dalam hal pegamanan adalah password. Biasanya emang semua E-mail juga ada passwordnya untuk login. Selain itu adanya spam killer. Spam itu klo diibaratkan kamu menerima surat dari seseorang yang tidak kamu kenal dan itu berlangsung secara terus menerus tanpa diminta. Kaya sedang di PDKT-in ma orang yang ga tahu malu, udah ga mau masih nekat aja. Bikin sebel aja (lho.. ko sampe PDKT sih) he.... Nah Spam killer ni gunanya untuk menghentikan itu jadi kaya satpam penerima surat. Jika dari orang yang sama yang tercantum dalam blacklist maka akan dibuang. sedikit curhat, E-Mail yang paling gue suka adalah Yahoo. Karena selain punya spam killer, juga bisa bikin virtual E-mail yang fungsinya sementara. Jadi ni misalnya E-mail gue kan hanby80@yahoo.com gue pengen masuk ke suatu forum yang memerlukan E-mail, tapi gue ga ingin pake E-mail gue yang asli diketahui. Ya gue tinggal bikin ja E-mail virtual misal mm-ganteng@yahoo.com (he... cuma misal ko, jangan sirik donk) jadi gue ga perlu bikin E-mail baru. Jadi klo nantinya ada E-mail yang dikirim lewat mm-ganteng@yahoo.com sebetulnya masuknya tetap ke hanby80@yahoo.com. Nah klo sudah tidak diperlukan lagi tinggal dibuang ja E-mail virtualnya tu. Oh ya Yahoo juga bisa mem-forward E-mail ke HP gue, jadi gue ga perlu repot-repot ngecek ke warnet apa da E-mail yang masuk/ga.Sekarang ni yang lagi tren adalah E-mail yang dapat dibaca ma semua orang yang kita sebut dengan Mailing List / biasa disingkat milis (orang seneng menyingkat-nyingkat kata ya), temen-temen gue juga manggil gue MM (trus apa hubungannya... ga tahu). Biasanya milis digunakan untuk mendiskusikan sesuatu hal / menanggapi permasalahan. Klo gue bikin milis mengenai mm ganteng laku ga ya.... he.... (ya yang da caci makian mulu).Udah ah becanda aja, posting gue mesti 20 nih bicara tentang internet. Jadi untuk yang ni cukup. Demikian disiarkan langsung dari Purwokerto. Kini kita kembali ke studio.

Tidak ada komentar: