Senin, 08 Januari 2007

Hacking

Kali ni gue pengen nepati janji gue ngomongin masalah hacking. Tapi gue ga bakal kasih tahu caranya nge-hack lho karena gue juga ga bisa. he... gue cuma mo bicara fenomena ja. Lo tahu ga awalnya hacking tu gimana? Jadi gini. Pada zaman dahulu kala saat kerajaan majapahit berjaya (lho ko cerita dongeng sih...) hi... becanda. Komputer generasi pertama Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Bayangin gedenya kaya apa. Hacker bermula dari tahun 1960-an, ketika fasilitas-fasilitas laboratorium artificial intelligence menjadi daya tarik tersendiri bagi para peneliti MIT. Komputer saat itu masih menjadi mainframe, “terkunci” dalam ruangan yang terkontrol suhunya, dan berada dalam ruangan berkaca. Memerlukan biaya banyak hanya untuk menjalankannya, sehingga para peneliti terbatasi penggunaannya. Mereka lalu menciptakan trik yang mereka sebut hack, sebuah program shortcut untuk menyelesaikan perintah pada mainframe komputer lebih cepat. Pada tahun 1970-an, istilah hacking berkaitan dengan eksplorasi jaringan kabel, termasuk jaringan telepon. Pada thun 1971, seorang veteran perang Vietnam bernama John Draper menemukan cara untuk menelepon jarak jauh, tanpa mengeluarkan biaya. Triknya adalah dengan menggunakan sebuah peluit, yang menghasilkan suara 2.600 MHz saat menelepon. Dari sinilah istilah phreaker dikenal. Pada tahun 1980-an, wilayah hacking pun meluas, saat ARPAnet mulai memraktikkan dunia online melalui bulletin board system yang popular. Yang pertama tertangkap atas tindakan kejahatan adalah sekelompok hacker asal Milwaukee, Amerika Serikat, yang merusak 60 komputer di Memorial Sloan Kattering Cancer dan Laboratorium Nasional Los Alamos, Milwaukee. Mereka masuk jaringan komputer lewat telepon. Akhir tahun 1980-an, Computer Fraud and Abuse Act mulai diterapkan. Robert Moriss-lah yang pertama kali terganjar undang-undang ini, gara-gara menyebarkan internet worm yang merusak pada tahun 1988. Pada awal 1990-an, kasus hacking mulai marak. Kevin Lee Poulsen tertangkap setelah terbukti mencuri dokumen-dokumen militer rahasia. Namun yang paling fenomenal adalah hacker bernama Kevin Mitnick, yang telah mencuri 20.000 nomor kartu kredit dan menyalahgunakannya. la ditangkap di apartemennya pada bulan Februari 1995, setelah diburu oleh hacker lain, yaitu Tsutomu Shimomura. Awal tahun 2000, ketakutan akan bug Y2K membuat para hacker semakin menjadi-jadi. Berbagai virus, worm, dan tindakan kejahatan cyber sangat marak. Terhitung situs-situs terkenal seperti CNN, Yahoo!, e-Bay, mendapat serangan dari para hacker "hitam". Situs gedung putih, FBI, dan Microsoft pun tak luput dari serangan. Tahu dari mana? he... skripsi gue (promosi).
Nah karena kita hidup di zaman modern jadi gue bicaranya dimasa sekarang ja ya soalnya nilai sejarah gue jelek. Kalo lo pengen belajar hacking ga da salahnya lo buka http://www.jasakom.com/. Tu situs Indonesia lho jadi yang kumpul di situ adalah para pakar hacking dari negeri sendiri. Lo bisa tahu semua tentang Hacking Internet. Bahkan beberapa situs yang lemah juga dibahas di situ, caranya ngilangin virus-virus komputer tanpa harus memakai antivirus alias secara manual (wah.. gue suka tuh). Tapi sekali lagi gue ingetin gunakanlah untuk kebaikan karena gue recommen hacking lho bukan cracking. Hacker dengan keahliannya dapat melihat & memperbaiki kelemahan perangkat lunak di komputer. Jadilah seperti itu bukan sebaliknya dengan keahliannya dapat melihat & merusak kelemahan perangkat lunak di komputer.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah.M..lengkap abis info na tentang Hacker.siip bnget. salah satu syarat meraih gelar sarjana loe tentang hacKer juga khan?
hasilnya apaan?
wak wak..mang manusia yang satu ini maniak banget ma yang berbau2 tekno.
tapi kurang asik negh klo ngak dikasoh tau tentang bagaimana caranya menjadi Hacker.
biar bisa menjelajah...eleh.
+ loe ikutan lomba blog yegh.. smoga ente menang yagh. aye doain. jangan lupa makan2 oks.heheee canda.

bahas sesuatu yang lebih menantang dunks..kayak hilangnya pesawat Adam Air gitu... alah.

Anonim mengatakan...

waduh
seru juga.
gw pny lho, kenalan hacker
dy lulusan S2 comp di new jersey
dy jg sempt jail gitu
mpe yg dikerjain mpe bnh diri sgala
abis itu dy kapok, jdi tobat deh..
skrg dy krja apa adany
pdhl S2 gitu...dy nya yg tll perfectionis sie... (bnr nda tuch tulisan...)