Selasa, 30 Januari 2007

Mobile Internet

Saat ini dengan canggihnya teknologi, ngenet tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer tapi juga bisa melalui Handphone. Syaratnya Handphone & kartu SIMnya mendukung GPRS. Percuma saja meski Handphonenya secanggih apapun klo kartunya tidak mendukung GPRS juga ga bakalan connect. Begitu pula sebaliknya klo kartunya dah mendukung GPRS tapi tidak bisa di setting melalui Handphonenya ya ga bakal ada artinya. Jadi keduanya emang mutlak harus ada karena pada intinya internet itu mengenali perangkatnya melalui Modem dengan membaca IP Address sebagai "Paspor"nya. Jadi kaya lo ja klo ga punya paspor apa punya akses ke luar negeri ? ga kan ? Misal nih ya..HP Gue Nokia 3660 sedang kartu gue Mentari. Keduanya mendukung. Modem yang da di HP gue akan menjembatani server ke internet. Umumnya server di HP menggunakan wap kebetulan Mentari menggunakan Homepagenya yaitu http://wap.klub-mentari.com dengan IP Address 10.19.19.19 sedang username & passwordnya adalah "indosat". Nah dengan setting seperti itu maka HP gue akan dianggap sebagai perangkat yang mempunyai "Paspor" untuk bepergian ke luar negeri makanya gue bisa buka situs manapun dari HP gue ( tapi mang sedikit lemot.. hiks..) makanya paling gue gunakan untuk cek E-Mail doank. Tapi klo mau perangkat HP gue juga bisa di connect lagi ke komputer gue via bluetooth & Browsing dari komputer gue. Jadi meski Komputer gue ga ada modemnya tapi karena komputer gue dah terhubung dengan HP gue yang notabene HP gue dah punya modem. Jadi sama aja komputer gue punya modem external. Jadi gue tetep bisa browsing kemana-mana tanpa harus beli modem lagi.

Tidak ada komentar: